Pekarangan Rumah Potensi Penuhi Kebutuhan Pangan Keluarga

KOTAMOBAGU- Lahan pekarangan rumah ternyata memiliki potensi besar dalam mewujudkan dan memenuhi kebutuhan pangan Keluarga. Di Kotamobagu, sebagian Masyarakat sudah mulai kreatif memanfaatkan pekarangan rumah dengan menanam berbagai macam jenis rempah dan sayuran.

Seperti di Kelurahan Kotamobagu Kecamatan Kotamobagu Barat, sejumlah warga di Kelurahan itu membentuk kelompok Rumah Pangan Lestari (RPL) Dahlia 1, dengan memanfaatkan pekarangan rumah yang didalamnya ditanami berbagai jenis rempah-rempah, sayuran hingga ternak ikan dan Ayam. Pekarangan tersebut dikemas dalam konsep Rumah Pangan Lestari (RPL)

Menurut Ketua Kelompok RPL Telma polwan, ketersediaan pangan lewat pemanfaatan pekarangan sangat membantu memenuhi kebutuhan pangan keluarga. Terdapat 30 warga yang menjadi kelompok Dahlia 1 RPL tersebut.

“Ada 10 jenis tanaman pangan, Pokcoy, teysin, sayur Col, soldrey, Cabe, terong, ketimun, paria dan beberapa jenis rampah-rampah lainnya.
Ada 30 orang, tempat oembibitan disini. Dari tanaman ini, warga yang tergabung dalam kelompok tidak lagi membeli keperluan pangan si pasar,” kata Telma, Selasa (06/10/2018).

Ia mengatakan, selain memenuhi kebutuhan pangan keluarga, hasil panen tanaman ini juga bisa mendatangkan keuntungan. “Dari hasil panen,ada yang dibagi dan dijual, kami juga sudah berlangganan dengan dengan toko-toko yang ada dan memanfaatkan media. Hasilnya untuk pengembangan kembali RPL ini,” ujarnya

Menurutnya Telma, RPL tersebut merupakan bantuan dari Pemerintah Provinsi serta difasilitasi oleh Pemerintah Kotamobagu melalui Dinas Ketahanan Pangan (DKP). “Awanya hanya ada beberapa warga yang memanfaatkan pekarangan rumahnya. Namun, setelah ada kunjungan dari pemerintah, maka mereka mencoba memberikan bantuan dengan membangun RPL ini, namun harus dengan berkelompok,” jelasnya

Terpisah, Kepala Bidang Ketersediaan dan Kerawanan Pangan DKP Hartono Paputungan menambahkan, pihaknya terus mengajak warga Kotamobagu untuk memanfaatkan pekarangan rumah.

“Sejauh ini sudah ada kurang lebih 12 kelompok yang mempunyai RPL di Kotamobagu. Kedepan kita akan targetkan lagi pembuatan RPL ini, tentunya itu untuk memenuhi kebutuhan pangan keluarga,” pungkasnya (al)

Komentar Facebook

Komentar

Baca Juga

Diketinggian 950 MDPL, Nayodo Kukuhkan Tiga Kelompok Petani Kopi

KOTAMOBAGU- Kopi menjadi salah satu komoditi paling primadona di Kota Kotamobagu. Bahkan, pengembangan tanaman ini …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *