Tim Puslitkoka Jember, Bappelitbangda, Dins Pertanian Kota Kotamobagu saat melakukan penelitian pengambilan sampel kualitas tanah di Perkebunan Mongkonai-Molinow, dalam rangka pengembangan Komiditi Kopi dan Kakao di Kotamobagu. (foto/ist)

Kembangkan Komoditi Kopi, Puslitkoka Jember Uji Kualitas Tanah di Perkebunan Mongkonai-Molinow

KOTAMOBAGU- Pusat Penelitian Kopi dan Kakao (Puslitkoka) Jember bersama Badan Perencanaan, Penelitian, Pengembangan Daerah (Bappelitbangda) dan Dinas Pertanian Kota Kotamobagu mengunjungi wilayah perkebunan Mobonod yang berlokasi di Kelurahan Mongkonai Kecamatan Kotamobagu barat.

Kepala Badan Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan (Bappelitbangda) melalui Kepala Bidang Penelitian dan Pengembangan Fenti Mifta mengatakan, tujuan kunjungan tersebut untuk memastikan kualitas lahan yang baik untuk di cocok tanamkan dengan komoditi Kopi dan Kakao.

“Salah satunya lokasi perkebunan Mongkonai dan Molinow. Itu mereka datang meneliti unsur dan kualitas tanah, apakah cocok dengan pengembangan komoditas kopi atau Kakao,” ungkap Mifta, Rabu (07/11/2018).

Menurutnya, dari hasil penelitian, lokasi perkebunan tersebut sangat cocok dengan pengembangan dan budidaya tanaman Kakao. “Dilihat daru kualitas tanahnya serta iklim udara dan hujan, lokasi tersebut sangat cocok. Tetepi penelitian tersebut baru sekedar tahapan pengumpulan data dan pengambilan sample tanah,” ujar Sarjana Pertanian ini

Selain perkebunan Mongkonai-molinow, mereka juga melakukan penelitian di daerah perkebunan Poyowa Besar I Kecamatan Kotamobagu Selatan. “Dari sampel yang kita ambil ada contoh tanah itu yang kita akan kirim ke pusat penelitian kopi dan kakao yang ada di Jember. Nanti hasilnya bisa menjadi pemetaan untuk wilayah Kotamobagu yang cocok untuk penanaman kopi, wilayah kota mana yang memiliki potensi pertumbuhan kopi yang paling potensial,” tandasnya

Sementara itu, Kepala Bidang Perkebunan Tanaman pangan dan Holtikultura Ramjan Mokoginta menambahkan, lokasi perkebunan mongkonai-molinow sudah direkomendasikan sebagai pengemabngan tanaman Kakao. Sebab, kata Ramjan, kedalaman tanahnya sangat subur.

“Lokasi itu sudah direkomendasikan untuk pengembangan tanaman Kakao, sebab jenis tanahnya yang subur kedalam. Sehingga diprioritaskan untuk tanaman kakao ini,” kata Ramjan

Farid Potabuga selaku ketua kelompok Pemuda tani Mongkonai mengapresiasi kunjungan dari Puslitkoka Jember. Menurutnya, kunjungan tersebut, bukan kali pertama dilakukan, sehingga Ia berharap ada dukungan dari pusat untuk pengembangan dan budidaya tanaman yang ada di perkebunan tersebut.

“Yang pertama sudah ada tim yang pernah mengunjungi daerah perkebunan Kami. Nah, dari kunjungan tersebut kita bisa memperkenalkan prejek dan prospek serta konsep pemuda tani kedepan dalam menggarap sektor pertanian yang lebih baik,” tandas Farid

Komentar Facebook

Komentar

Baca Juga

Diketinggian 950 MDPL, Nayodo Kukuhkan Tiga Kelompok Petani Kopi

KOTAMOBAGU- Kopi menjadi salah satu komoditi paling primadona di Kota Kotamobagu. Bahkan, pengembangan tanaman ini …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *