Dodol Kacang Jadi Produk Unggulan Desa Kopandakan I

KOTAMOBAGU- Pemerintah Desa Kopandakan Satu Kecamatan Kotamobagu Selatan kembali mengembangkan produk unggulan yang ada di Desa tersebut. Salah satunya adalah produk ‘Dodol Kacang’.

Menurut Sangadi Kopandakan I Muslim Tungkagi, produk Dodol Kacang adalah produk unggulan yang sudah menjadi trand di Kotamobagu. Ada beberapa warga yang membuat dodol kacang ini sebagai mata pencaharian mereka.

“Produk ini perlu dikembangkan untuk meningkatkan ekonomi masyarakat kususnya warga pembuat dodol kacang ini. Produk ini juga sudah menjadi produk unggulan di desa kami, ” kata Muslim, Jumat (12/10/2018).

Menurutnya, pengambangan produk itu adalah bagian dari program inovasi desa dimana untuk mengangkat potensi maupun produk yang ada disetiap Desa di Kotamobagu.

“Kemarin kan kita sudah rapatkan ini. Nah, Kelompoknya sudah ada, kami dorong para kelompok ini dengan dana desa 2018 melalui Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) dengan menyentuh anggaran sebesar 150 juta. Produk ini yang akan kami kembangkan sehingga menjadi produk kjas kopandakan I,” jelasnya

Kuliner Khas Kotamobagu ini, juga sudah menjalar ke beberapa daerah di Bolaang Mongondow Raya (BMR). “Ada beberapa warga yang sudah menjual produknya hingga ke luar kotamobagu. Sehingga dengan dorongan melauli BUMDes, akan lebih meningkatkan produk ini juga semakil luas dikenal di Kotamobagu kususnya di BMR,” pungkasnya (alfin)

Komentar Facebook

Komentar

Baca Juga

Diketinggian 950 MDPL, Nayodo Kukuhkan Tiga Kelompok Petani Kopi

KOTAMOBAGU- Kopi menjadi salah satu komoditi paling primadona di Kota Kotamobagu. Bahkan, pengembangan tanaman ini …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *