Air Panas Bilalang I, Potensi Obyek Wisata Alam

KOTAMOBAGU- Desa Bilalang I Kecamatan Kotamobagu Utara ternyata tidak hanya memiliki beragam produk lokal. Desa yang terletak di ujung utara Kotamobagu ini memiliki beberapa sumber potensi alam yang bisa menjadi obyek wisata di Kotamobagu.

Selain memiliki wisata alam seperti batu putih malelalang, tenyata di Desa ini juga terdapat sumber mata air panas, yang konon kata masyarakat setempat adalah akar dari gunung ambang yang terletak di Bolaang Mongondow Timur.

Menuju lokasi air panas itu, biasanya berjalan kaki kurang lebih 1 Kilometer dari pemukiman warga bilalang. Dengan melewati pinggiran sungai bilalang, pengunjung hanya memerlukan waktu tempuh 15 Menit hingga 30 menit.

Dari cerita warga, Air panas tersebut merupakan tempat pemandian warga bilalang pada zaman dulu, tempat itu dulunya masih sangat terawat. “Iya, kalau menurut orangtua dulu, air panas ini merupakan sambungan dari akar gunung Ambang, sempat menjadi tempat pemandian warga sekitar, tapi sekaran sudah tidak, sehingga tempatnya kelihatan tidak terawat lagi,” Cerita Herlina Mokoginta, Ketua RT 8, Desa Bilalang I, Selasa (09/10/2018).

Dia menuturkan, air panas itu diyakini banyak masyarakat adalah air panas yang sangat bermanfaat untuk kesehatan. “Biasanya orangtua yang sakit-sakitan datang mandi atau sekedar berendam, apalagi bagi mereka yang mengalami penyakit kulit,” ujarnya.

Meski demikian, sampai sejauh ini belum ada bukti ilmiah jika air panas ini, merupakan saluran akar gunung Ambang. “Belum tahu pasti juga. Belum ada juga yang meneliti. Ini cuma cerita orangtua dulu. Entah benar atau tidak kami tidak tahu pasti,” pungkasnya.

Pemerintah Desa Bilalang I bakal melakukan rehabilitas dan perbaikan sarana penunjang di lokaai tersebut. Bahkan, lokasi tersebut sudah pernah dikunjungi Pemerintah Provinsi Sulut untuk pengembangan wisata di Kotamobagu.

“Iya waktu itu mereka didampingi Dinas Periwisata Kotamobagu untuk melihat langsung lokasi air panas tersebut. Nah, lewat dana desa, kami akan upayakan tempai itu menjadi wisata kotamobagu tentunya dengan membangun sarana dan prasaranan seperti akses jalan dan sarana lainnya,” pungkasnya (al)

Komentar Facebook

Komentar

Baca Juga

Gempa Bumi 5,6 SR Guncang Wilayah Sulawesi Utara

Suarabmr.com. Gempa bumi berkekuatan 5,6 skala richter (SR) mengguncang sebagian besar wilayah Sulawesi Utara (Sulut), …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *