Sukseskan Swasembada Pangan, Dandim 1303 BM Gelar Tanam Perdana Cetak Sawah Baru

BOLMONG- Komandan Resor Militer (Korem) 131 /Santiaga Brigjen TNI Joseph Robert Giri SIP bersama Dandim 1303 Bolaang mongondow Letkol Inf Sigit Dwi Cahyono melakukan tanam perdana cetak sawah baru 2018, di Desa Pusian Kecamatan Dumoga Kabupaten Bolmong, Senin (27/08/2018). Penanaman juga didampingi unsur Pemerintah Kabupaten Bolmong dan Puluhan Petani setempat.

Program pengembangan swasembada pangan ini terus dipacuh. Tidak terkecuali di Wilayah Bolaang Mongondow Raya (BMR) dengan menargetkan sedikitnya 500 hektar sawah baru.

Menurut Dandrim, Program cetak sawah baru merupakan kerja sama antara pemerintah melalui kementrian pertanian dan markas TNI AD.

“Selama ini pemerintah sudah bersinergi untuk meningkatkan produksi beras. Dan beberapa tahun ini pemerintah sudah berhasil mengeskpor beras ke wilayah tetangga dan negara tetangga yang sudah di eksport, ini adalah hasil kerja semua pihak. Dan didukung semua TNI. Dan TNI disini hanya membantu,” kata Korem

Dikatakannya, Target Luasan di Wilayah BMR sebesar 500 hektar, namun secara Nasional itu 12.000 hektar untuk tahun ini. Selain itu, di tahun 2045 ditargetkan Indonesia menjadi lumbung pangan internasional.

“Sudah beberapa tahun yang dilakukan terus menerus. Perluasan Sawah ini cukup signifikan sehingga itu yang teeus didorong untuk mencapai targer swasembada pangan itu. Harapannya, terciptanya swasembada pangan dan ketahanan pangan nasional dan ini adalah lumbung pangan dunia yang ditargetkan pada 2045 ,” ujarnya

Sementara itu, Dandim 1303 Bolaang Mongondow Letkol Inf Sigit Dwi Cahyono mengatakan, untuk program ini khusunya Kota Kotamobagu tidak ada sebab wilayah persawahan di Kotamobagu kecil dan semakin terkurang.

“Kotamobagu Tidak ada program swasembada pangan ini, sebab wilayah persawahan di Kotamobagu masih kurang sehingga tidak masuk. Hanya masuk itu Bolmong dan Bolmut karena memiliki luas wilayah yang cukup besar,” tambahnya (alfin)

Komentar Facebook

Komentar

Baca Juga

Jasa Sewa Tenda Bumdes Bilalang I, Potensi Sumbang PADes

KOTAMOBAGU – Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Desa Bilalang I Kecamatan Kotamobagu Utara kini mulai …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *