Pemkot Genjot Pengembangan Kopi di Kotamobagu

KOTAMOBAGU- Pengembangan Komiditi tanaman kopi terus digenjot oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Kotamobagu melalui Badan Perencanaan, Penelitian dan Pembangunan Daerah (Bappelitbangda) Kotamobagu.

Salah satunya adalah pengembangan kopi jenis Ateng di perkebunan Mobalang Desa Poyoa Besar Kecamatan Kotamobagu Selatan.

Menurut kepala Bappelitbangda Sofyan Mokoginta, pengembangan kopi di kotamobagu sudah sesuai Surat Keputusan (SK) Kemetrian Perkebunan pada 2016 lalu.

“Itu sudah ditetapkan melalui kementrian pertanian pada 2016 lalu tentang pengembangan tanaman kopi di kotamobagu. Nah 2017 sampai 2018 ini, kami telah menganggarkan baik pengembangannya dan pembibitannya,” ungkap Sofyan, Selasa (16/05/2018).

Kata Dia, dalam waktu dekat ini pihaknya akan bekerja sama dengan Pusat Pengembangan Kopi dan Kakao (PuslitKako) Jember untuk melakukan riset dalam rangka penelitian kembali kultur tanah dan iklim di perkebunan tersebut.

“Kami juga akan melakukan riset untuk memeriksa keadaan tanah, untuk penanaman kopi yang dikembangkan di perkebunan tersebut. Kami akan periksa juga akan mengecek keadaan tanah baik iklim dan juga ketinggian tanah disana, yang paling cocock itu tanaman kopi jenis apa, itu kami akan kerja saman dengan Puslit Kokau Jember,” ujarnya

Lanjutnya, setelah dilakuakan penelitian, maka kami akan usul kembali jenis kopi yang bakal dikembangkan.

“Tahun ini mudah-mudahan bisa, selesai sehingga tahun depan akan terralisasi untuk pengembangan kopi tersebut,” pungkasnya. (alfin)

Komentar Facebook

Komentar

Baca Juga

Pemkot KK Anggarkan 7,3 Miliar pembuatan Ipal Komunal

KOTAMOBAGU- Pemerintah Kota (Pemkot) Kotamobagu melalui Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (PRKP) telah mengalokasikan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *