Menjanjikan, Pembibitan Sejumlah Komoditi Pertanian Jadi Potensi Desa Moyag

KOTAMOBAGU- Petensi pertanian di Desa Moyag Kecamatan Kotamobagu Timur, cukup menjanjikan. Salah satunya adalah pembibitan sejumlah komoditi yang dikelolah oleh Yonce Mamangkey (62).

Yonce adalah pelaku usaha pembibitan komoditi tanaman pertanian yang sudah puluhan tahun Ia garap, bisnisnya pembibitannya cukup laris dan tersebar di mana-mana.

Ada beragam komiditi yang di kembangkan oleh pak oce sapaan akrabnya, diantaranya, bibit Cengkeh, Kakao, Kopi, kemiri dan dan sayuran lada.

“Ada juga dari provinsi yang memesan bibit disini. Jadi setiap kegiatan pengembangan pertanian di BMR, maka dari provinsi sudah melakukan pemesanan bibitcdisini dengan skala besar,” kata Oce, sapaan akrabnya, saat disambangi di temoat pembibitannya, Selasa (15/05/2018).

Pak Oce yang juga pensiunan Aparatur Sipil Negara (ASN) Dinas Perkebunan Bolmong ini mengungkapkan, ada beberapa daerah yang memesan ribuan bibit disni. Bibit yang dibeli disini dari Dana Desa (Dandes) yang bakal disalurkan ke Masyarakat.

“Sudah ada beberapa desa yang memesan bibit disini, lewat danan desa. Disalurkan di Dua Kabupaten, yaitu Bolmong Induk dan Bolaang Mongondow utara (Bolmut), itu ada sekitar 80 Ribu bibit yang dipesan,” ungkapnya

Peneyedia bibit tanaman ini sangat berpotensi bisa menghasilkan keuntungan yang maksimal serta mampu membuka lapangan kerja bagi yang ada di Desa Moyag.

“Paling banyak itu saya membuat 400 ribu bibit cengkeh, tentunya memerlukan tenaga sebanyak 80 orang, yang digaji sebesar 100 Ribu untuk pengisian Seribu Folibek. Ada juga yang digaji setiap bulannya. Nah, ini yang diharapka kedepan akan ada pengambangan lagi sehingga petensi lapangan pekerjaan bagi Warga Moyag terus berkembang,” ujarnya

Terpisah, Kepala Desa Moyag Halidun Tungil mengatakan, usaha pembibitan yang dikembangkan memang sangat membuka potensi lapangan pekerjaan bagi warga desa Moyag. Untuk itu, pihaknya terus mendorong serta memfasilitasi pengembangan pembibitan berbagai komoditi tanaman pertanian di Desa Moyag.

“Ini juga salah satu program Pemerintah Desa (Pemdes) Moyag dalam mendorong berbagai potensi yang ada. Salah satunya adalah pengembangan pembibitan komoditi pertanian. Nah, sudah kami masukkan ke dalam program Badan Usaha Milik Desa (Bimdes) untuk kemudian bisa dikembangkan lewat Dana Desa (Dandes),” pungkasnya (alfin)

Komentar Facebook

Komentar

Baca Juga

Pemkot KK Anggarkan 7,3 Miliar pembuatan Ipal Komunal

KOTAMOBAGU- Pemerintah Kota (Pemkot) Kotamobagu melalui Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (PRKP) telah mengalokasikan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *