Pemkab Bolmut Apresiasi Transparansi Pengelolaan Dandes

Transparansi seluruh aparat Desa se-Kabupaten Bolmong Utara (Bolmut), dalam rangka pengelolaan Dana Desa (Dandes) dengan menggandeng pihak Kejaksaan Negeri (Kejari) Kabupaten Bolmut, diapresiasi pemerintah setempat.

Hal tersebut sebagaimana yang disampaikan oleh Kepala Bagian Hubungan Masyarakat dan Protokoler, Setdakab Bolmut Khristanto Nani SSTP, kemarin.

“Intinya perbaikan penataan dalam Dandes sejalan dengan apa yang diinginkan oleh Pemkab Bolmut, sehingga itu langkah seluruh aparat desa yang menggandeng Kejari Bolmut untuk mendapatkan pemahaman hukum terkait pengelolaan Dandes sudah tepat,” kata Nani.

Sebelumnya Kepala Kejaksaan Negeri (Kejari) Bolmut Andi Suharlis SH MH menyampaikan, jika sejak awal pihaknya sangat terbuka kepada siapa saja yang ingin berkonsultasi tentang persoalan hukum termasuk pengelolaan Dandes maupun Badan Usaha Milik Desa (Bumdes).

“Prinsipnya, Kejari sangat memberikan ruang kepada masyarakat yang ingin berkonsultasi tentang persoalan hukum, sebab hal tersebut merupakan bagian yang tidak dapat dipisahkan dari proses penegakan hukum yang ada di daerah ini,” tandasnya.

Menanggapi adanya pengelolaan Dandes yang jumlahnya cukup signifikan, mantan Jaksa KPK ini berharap agar kiranya seluruh aparat desa dapat mematuhi segala peraturan yang ada serta berpedoman pada Petunjuk Teknis (Juknis) yang ada.

“Dengan adanya sikap kepatutan terhadap undang-undang, peraturan menteri, maupun peraturan bupati serta merujuk kepada Juknis, maka kami yakin jika tidak ada lagi persoalan yang terjadi dalam pengelolaan Dandes ini,” pungkas Suharlis.(Patris)

Komentar Facebook

Komentar

Baca Juga

SOSIALISASI PID DAN SINGKRONISASI PERENCANAAN PEMBANGUNAN DESA & DAERAH

KOTAMOBAU. Bertempat di Kantor Desa Tabang, Kecamatan Kotamobagu Selatan, Dinas Pemberdayaan Masyarakat & Desa Kota …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *