Trainer Sekolah Guru Indonesia (SGI) Dompet Dhuafa, Latih Guru SD/ MI se-Kabupaten Bolmut

Sudah seminggu  para trainer Sekolah Guru Indonesia (SGI) mensosialisasikan program SGI Master Teacher di Kabupaten Bolmut. SGI Master Teacher (SMT) sendiri adalah program pelatihan dan pengembangan guru tingkat pendidikan dasar yaitu SD/MI untuk membentuk guru-guru menjadi guru yang berkarakter.

Kemarin tepat pada 19/2/2018, salah seorang trainer SGI berkesempatan untuk mensosialisasikan progran SMT di Kelompok Kerja Guru (KKG) di kecamatan Bolangitang Barat. Bertindak sebagai orang yang menyampaikan sosialisasi asalah salah satu trainer SGI, yaitu Guru Ulfah Hasibuan, M. Pd asal Sumatera Utara.

Di hadapan 50 orang guru yang hadir, ulfah menyebutkan bahwa SMT adalah program yang wajib para guru untuk mengikutinya, disamping kompetensi guru yang akan meningkat, SGI akan melahirkan lewat program SMT banyak guru-guru pemimpin, karena sejatinya guru adalah pemimpin paling tidak di kelasnya masing-masing.

Dengan 10 indikator untuk menjadi guru pemimpin yang berkarakter, SGI telah merumuskan penelitian untuk menjadi guru yang berkarakter, yaitu:

  1. Teladan menegakkan ibadah
  2. Disiplin mengelola waktu
  3. Gemar membaca buku
  4. Pelopor kebersihan sekolah
  5. Aktif memberdaya masyarakat
  6. Sahabat terbaik siswa
  7. Tertib menyiapkan administrasi
  8. Kreatif membuat media
  9. Profesional dalam mengajar
  10. Gigih untuk meneliti

Karena memang 10 karakter tersebutlah yang masih kurang pada jiwa-jiwa guru di Indonesia. Oleh karena itu, ulfah menyebutkan lewat program SMT diharapkan banyak guru-guru yang mendaftar khususnya di Bolmut dan umunya daerah-daerah yang dekat dengan lokasi pelatihan SMT.

Sudah seharusnya kita bangga dengan profesi guru yang mulia. Kebanggaan itu, haruslah kita aplikasikan dengan bentuk tindakan nyata. Tidak hanya omongan belaka. Agar kasus-kasus kriminal pendidikan, akan berkurang dengan terupgradenya sumber daya manusia bidang pendidikan. (AM)

Komentar Facebook

Komentar

Baca Juga

Sekda Bolmut Hadiri Dzikir Akbar Sambut Ramadhan 1439 H

Sekretaris Daerah (Sekda) Bolmut Dr. Drs. Asripan Nani, M. Si menghadiri Dzikir Akbar dalam rangka …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *