Hadiri Rembug Desa Nasional, Wabup: Mari Membangun Desa

Hadiri Rembug Desa Nasional, Wabup: Mari Membangun Desa

Wakil Bupati (Wabup) Bolaang Mongondow Timur (Boltim) Drs Rusdi Gumalangit, hadir pada acara puncak Rembug Desa Nasional 2017 refleksi tiga tahun desa membangun Indonesia.

Acara tersebut dipimpin langsung oleh Kementrian Desa, PDT dan Transmigrasi RI Eko Putro Sanjoyo. Selain menteri, juga hadir Bupati Bantul, Bupati Halmahera, Walikota Kediri, Walikota Siak, serta kepala daerah lainnya.

Tema besar yang digagas dalam Rembug kali ini terkait dengan peran strategis desa dalam pembangunan berkelanjutan. Hal ini dijabarkan lewat sub tema yang mendukung terwujudnya gagasan besar tersebut. Antara lain, pengembangan ekonomi lokal yang terdiri dari pasar desa, wisata desa dan program unggulan desa.

Kedua, program inovasi Desa meliputi teknologi tepat guna dan sistem informasi Desa. Ketiga, pembangunan kawasan perdesaan yakni perhutanan sosial dan tata ruang Desa. Keempat adalah badan usaha milik desa yang terdiri dari Bumdesa dan Bumdesa bersama, serta Mitra Bumdes Nusantara.

Lewat sambutannya, Menteri Eko Putro Sanjoyo  mengatakan bahwa terdapat empat peningkatan program Kemendes yang menjadi prioritas. Antara lain Prukades, Embung, Bumdes, dan sarana olahraga.

“Empat sektor ini yang jadi prioritas kami untuk dikembangkan,” kata Sanjoyo yang pada kesempatan tersebut langsung memimpin penyusunan resolusi UU Desa sehingga benar-benar mampu mewujudkan kedaulatan dan kesejahteraan kawasan perdesaan di Indonesia.

Masih di acara yang sama, Menteri juga melaunching Bumdes Mall sebagai inovasi terbaru dari Kemendes, untuk sarana informasi peningkatan Bumdes Indonesia.

Sementara, Wabup Boltim usai acara mengatakan, Pemerintah Daerah senantiasa pro aktif dalam mendukung program Pemerintah pusat, termasuk dari Kemendes ini. Menurut Wabup, kemajuan suatu daerah dimulai dari tingkat Desa.

“Jika Desa maju, itu artinya Pemerintah Daerah sukses dalam menjalan tugas dan tanggung jawabnya lewat Program yang mengacu di visi-misi. Sehingga kami Pemerintah Daerah sangat mendukung segala bentuk kebijakan dan program pembangunan Desa yang dicanangkan oleh Pemerintah pusat dalam hal ini Kemendes. Untuk itu, mari sama-sama kita membangun dari Desa,” tegas Wabup.

Terinformasi, selain Wabup, pada acara tersebut Boltim juga mengutus dua orang , yakni Suzan Nina Emor SE dan Tuti Logor ST yang mewakili Dinas PMD Boltim Bidang  Peningkatan UEM & TTG. (Topan)

Komentar Facebook

Komentar

Berita Terkait

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *