Instansi Hak Paten Kanada Setujui Pendaftaran Hak Paten atas CRISPR Technology

Instansi Hak Paten Kanada Setujui Pendaftaran Hak Paten atas CRISPR Technology

DARMSTADT, Jerman, – Merck, perusahaan sains dan teknologi terkemuka, hari ini mengumumkan langkah Instansi Hak Paten Kanada yang menerbitkan “Notice of Allowance” atas pendaftaran hak paten Merck yang meliputi teknologi CRISPR buatan perusahaan, yang dipakai dalam metode genomic-integration untuk sel eukariotik.

Portofolio hak paten kami terus bertambah di seluruh dunia, memperluas perlindungan atas teknologi CRISPR kami yang istimewa. Hal itu ditempuh seiring langkah kami untuk bekerja sama dengan komunitas keilmuan global dalam menemukan pengobatan terbaru untuk beberapa penyakit,” kata Udit Batra, Anggota Dewan Direktur Merck dan CEO, Life Science. “Keputusan Instansi Hak Paten Kanada menjadi pengakuan penting terhadap peran Merck dalam memajukan modifikasi gen (genome editing).”

Merck juga mendaftarkan hak paten atas metode CRISPR di Amerika Serikat, Brazil, Tiongkok, India, Israel, Jepang, Singapura dan Korea Selatan.

Hak paten di Kanada yang akan diberikan, bertajuk “CRISPR-BASED GENOME MODIFICATION AND REGULATION,” ini meliputi integrasi kromosom, atau teknik memotong urutan kromosom sel-sel eukariotik (seperti sel mamalia dan tumbuhan) dan penyisipan urutan DNA secara eksternal atau dari pendonor ke dalam sel-sel tersebut dengan memakai CRISPR.

Para ilmuwan dapat menggantikan mutasi sel yang disebabkan penyakit dengan urutan DNA yang bermanfaat atau berguna. Metode ini penting untuk membuat model penyakit dan terapi gen. Selain itu, para ilmuwan dapat memakai metode ini untuk memasukkan transgenes dengan label protein endogen agar dapat melakukan pelacakan visual di dalam sel.

Setelah resmi disetujui, hak paten di Kanada ini akan menambah perlindungan terhadap teknologi

integrasi CRISPR buatan Merck untuk kawasan Amerika Utara secara perdana. Dengan begitu, portofolio hak paten perusahaan akan bertambah. Instansi Hak Paten Australia menyetujui hak paten pertama atas CRISPR pada Juni 2017, diikuti hak paten dari instansi Eropa pada September 2017.

Teknologi modifikasi gen CRISPR mendukung modifikasi kromosom secara tepat dalam sel yang hidup. Metode ini mengembangkan berbagai alternatif pengobatan untuk kondisi kesehatan yang paling berat saat ini. Penggunaan CRISPR sangat luas –dari mengidentifikasi gen yang terkait dengan kanker dan penyakit langka hingga membalikkan mutasi gen yang menyebabkan kebutaan.

Dengan sejarah 12 tahun dalam bidang modifikasi gen, Merck menjadi perusahaan pertama yang menawarkan custom biomolecules untuk modifikasi gen di dunia (TargeTron™ RNA-guided group II introns dan CompoZr™ zinc finger nucleases). Pencapaian ini membuat teknik ini diterapkan oleh para peneliti di seluruh dunia. Merck juga merupakan perusahaan pertama yang membuat koleksi CRISPR secara tersusun, meliputi seluruh gen manusia. Hal ini mempercepat pengobatan berbagai penyakit dengan mendukung para ilmuwan untuk menjajaki berbagai pertanyaan mengenai penyebab penyakit.

Pada Mei 2017, Merck mengumumkan metode modifikasi gen CRISPR alternatif, disebut dengan proxy-CRISPR. Tak seperti sistem lain, teknik proxy-CRISPR dari Merck dapat memotong gen di tempat yang sulit dijangkau. Dengan demikian, CRISPR menjadi lebih efisien, fleksibel dan spesifik. Selain itu, para peneliti memiliki pilihan uji coba yang lebih banyak. Merck telah mendaftarkan beberapa hak paten atas teknologi proxy-CRISPR, dan sejumlah kegunaan tersebut hanya menjadi salah satu dari beragam pendaftaran hak paten yang diajukan perusahaan sejak 2012.

Merck mengakui berbagai potensi manfaat dari menjalankan riset yang dirumuskan dengan baik dengan modifikasi gen. Sebab, terobosan pengobatan diperlukan. Untuk itu, Merck menjalankan riset modifikasi gen dengan pertimbangan cermat tentang standar etis dan legal. Perusahaan telah mendirikan Merck Bioethics Advisory Panel guna menyediakan panduan riset. Merck terlibat penuh dalam inisiatif ini, termasuk riset mengenai penggunaan modifikasi gen.

 

Tentang Merck


Merck merupakan perusahaan terkemuka di bidang layanan kesehatan, ilmu hayati dan performance materials. Sekitar 50.000 pegawai bekerja mengembangkan berbagai teknologi yang memperbaiki dan meningkatkan kehidupan – dari pengobatan biofarmasi (biopharmaceutical therapies) untuk penyembuhan kanker atau multiple sclerosis, sistem tercanggih untuk riset ilmiah dan produksi komersial, hingga teknologi liquid crystals untuk ponsel canggih dan televisi layar datar (LCD). Pada 2016, Merck membukukan penjualan sebesar  €15 miliar di 66 negara.

Berdiri pada 1668, Merck adalah perusahaan farmasi dan kimia yang tertua di dunia. Keluarga pendiri perusahaan tetap menjadi pemegang saham mayoritas Merck yang terdaftar di bursa saham. Merck memegang hak atas merek dagang dan nama “Merck” di seluruh dunia, kecuali di Amerika Serikat dan Kanada. Di kedua negara itu, Merck beroperasi sebagai EMD Serono, MilliporeSigma dan EMD Performance Materials. (Gung)

Komentar Facebook

Komentar

Berita Terkait

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *