MABES POLRI BONGKAR SINDIKAT PENYEBAR SARA

MABES POLRI BONGKAR SINDIKAT PENYEBAR SARA

Direktorat Tindak pidana Siber Bareskrim Polri Mengungkap Sindikat Penyebar Sara, dengan menangkap tiga orang Pelaku dari kelompok Saracen. Sindikat spesialis penyebar konten sara dan kebencian ini di sebut polisi sebagai kelompok yang memiliki keahlian mencaplok akun mendia sosial hingga membaca guna memanfaatkan situasi pemberitaan

Direktur Tindak Pidana Cyber Bareskrim Polri Brigjen Fadil Imran mengatakan ketiganya ditangkap setelah Satgas Patroli Cyber memonitor para pelaku yang aktif di media sosial.

Dari hasil patroli cyber ini, polisi mengamati bahwa grup Saracen sering memposting berita hoax sampai ujaran kebencian yang bernuansa SARA.

Ada tiga tersangka yang ditangkap yakni MFT (43) ditangkap di Koja, Jakarta Utara pada 21 Juli 2017, seorang perempuan berinisial SRN (32) ditangkap di Cianjur, Jawa Barat pada 5 Agustus 2017 dan JAS (32) yang ditangkap di Pekanbaru, Riau pada 7 Agustus 2017.

Fadil mengatakan kelompok Saracen itu memiliki struktur sebagaimana layaknya organisasi pada umumnya dan telah melakukan aksinya sejak November 2015. Mereka yang ditangkap memiliki peran masing-masing.

Hal ini diketahui berdasarkan temuan banyaknya hasil scan KTP dan passport, data tanggal lahir, serta nomor handphone pemilik akun. Untuk menyamarkan perbuatannya, JAS sering berganti nomor HP dalam pembuatan akun email maupun facebook.  (*)

Komentar Facebook

Komentar

Berita Terkait

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *