Menteri ESDM Dukung Langkah Tegas Bupati Bolmong Terkait PT. CONCH

Menteri ESDM Dukung Langkah Tegas Bupati Bolmong Terkait PT. CONCH

Tindakan tegas Bupati Bolaang Mongondow (Bolmong) Dra. Hj Yasti Soeprodjo Mokoagow, memberhentikan sementara aktivitas PT. Conch North Sulawesi Cemen, yang  beroprasi di kabupaten Bolmong mendapatkan dukungan dari Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM)  dijakarta senin (10/7).

Diketahui Bupati Bolmong Dra. Hj.Yasti S Mokoagow sebelumnya telah melakukan pertemuan dengan sejumlah menteri. Baik Mentri Pertanian, Perdagangan, Perhubungan. Kini yasti kembali bertemu dengan Menteri ESDM.

Dalam pertemuan dengan Mentri ESDM Ignasius Jonan. Yasti menyampaikan terkait dengan isu pertambangan yang ada di Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong).

Dalam pertemuan Bupati Bolmong Yasti S Mokoagow menyampaikan langsung permasalahan PT. Conch North Sulawesi Cemen yang ada di daerah bolmong kepada Menteri ESDM.

Mendengar Perusahaan Cina tersebut tak memiliki perijinan lengkap. Menteri ESDM Ignasius Jonan pun mendukung sikap tegas Bupati Bolmong untuk menghentikan sementara aktivitas PT.Conch

Jika perusahaan sudah memiliki Ijin IUP Eksplorasi dan telah melakukan kegiatan, barulah Perusahaan atau Badan usaha meningkatan IUP Eksplorasi menjadi IUP Operasi Produksi, yang meliputi konstruksi, penambangan, pengolahan, pemurnian, pengangkutan dan penjualan,”kata Yasti.

Dalam Undang Undang Minerba secara tegas telah mengatur apa saja yang boleh dilakukan dan yang tidak boleh “UU Nomor 4 Tahun 2009 Tentang Pertambang dan Batu bara sudah mengatur semuanya. IUP Eksplorasi hanya bisa digunakan untuk kegiatan penyelidikan Umum, dan analisa mengenai dampak lingkungan,”jelas Yasti.

Diketahui sebelum Pemerintah Daerah (Pemda) Bolmong melakukan langkah penghentian sementara aktivitas PT.Conch. Pemda Bolmong sebelumnya telah melayangkan surat sebanyak sembilan (9) kali. (VT)

Komentar Facebook

Komentar

Berita Terkait

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *