87 Depot Air Minum di Kotamobagu Habis Izin Higienis

87 Depot Air Minum di Kotamobagu Habis Izin Higienis

Pengusha atau pemilik Depot Air Minum Isi Ulang (DAMIU), diminta untuk secepatnya memperpanjang izin Higienis kesehatan. Pasalnya, dari 102 depot yang terdaftar di Dinas Kesehatan (Dinkes) Kotamobagu, baru 15 depot yang sudah memperpanjang izin pada tahun 2017.

“Bagi yang belum memperpanjang izin Higienis, agar segera melakukan pengurusan,” kata Kepala Dinas (Dinkes) Kotamobagu, Ahmad Yani Umar melalui Kabid Kesehatan Masyarakat, Penecegahan dan Pengendalian Penyakit, Apek Daeng SKM., M.Kes. saat ditemui awak media ini. Kamis (12/07/2017).

Menurutnya, izin Higienis tersebut sangatkah penting. Selain menunjang kelayakan air, juga dapat menjamin kesehatan para pelanggan saat mengkonsumi air depot. “Sebelum izinnya kita keluarkan, dilakukan terlebih dahulu pemeriksaan fasillitas di tempat usaha seperti tong penampung air, Filter ultra violet, serta mengambil sampel air sebelum dikonsumsi oleh masyarakat, guna mendeteksi serta mencegah adanya bakteri didalam tong tersebut,” jelas Daeng.

Ia menghimbau agar warga tidak sembarang membeli air minum isi ulang disejumlah depot, yang belum menempelkan surat atau bukti perpanjangan izin Higienis dari pihak Dinas Kesehatan. “Jika tidak ada surat atau bukti perpanjangan izin, sebaiknya jangan dibeli,” ujar Daeng

Daeng juga menambahkan dalam waktu dekat ini pihaknya akan turun untuk melalkukan Inspeksi Mendadak kesejumlah depot air minum isi ulang diseluruh wilayah kota kotamobagu. (Fit)

 

Komentar Facebook

Komentar

Berita Terkait

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *