Cegah Rabies Masyarakat Kotamobagu dihimbau Vaksin Binatang Peliharaan

Cegah Rabies Masyarakat Kotamobagu dihimbau Vaksin Binatang Peliharaan

Kotamobagu,SuaraBMR.com – Pemerintah Kota Kotamobagu melalui Dinas Pertanian dan Perikanan  menghimbau kepada masyarakat yang memelihara anjing, kucing ataupun monyet untuk memberikan vaksinasi kepada binatang peliharaan mereka. Hal ini untuk mengantisipasi kasus rabies di Kota Kotamobagu.

“Rabies bisa ditularkan hewan kepada hewan lain, juga kepada manusia. Untuk itu pencegahan harus dilakukan agar tidak dapat menyebar,” ujar Abdul Manap Kepala Bidang Peternakan Dan Kesehatan Hewan Kota Kotamobagu,  Rabu (15/1/2016).

Lebih lanjut dia mengatakan bahwa rabies atau penyakit anjing gila adalah penyakit hewan menular yang disebabkan oleh virus, bersifat akut serta menyerang susunan syaraf pusat hewan. Rabies juga bersifat zoonosa yang artinya penyakit tersebut dapat menular dari hewan ke manusia

Hal senada juga disampaikan Ir Hardi Mokodompit Kadis Pertanian Dan Peternakan Kota Kotamobagu

“Rabies sangat berbahaya dan belum ada obatnya, apabila gejala klinis sudah timbul, selalu diikuti oleh kematian baik hewan maupun manusia,” ujarnya.

Gejala rabies pada hewan dapat terlihat jika mata hewan peliharaan tersebut memerah, tidak menuruti lagi perintah pemilik, air liur berlebihan dan berubah menjadi hewan ganas yang menyerang atau mengigit apa saja yang ditemui. Untuk mencegahnya, vaksinasi harus dilakukan rutin, minimal sekali dalam setahun.

“Untuk mencegah agar tidak berkembang biak, pihaknya merencanakan  akan turun ke lapangan, karena sudah banyak laporan, orang memelihara anjing ras dan kucing ras

“Silahkan membawa hewan peliharaan ke Kantor Dinas Pertanian dan Peternakan untuk mendapatkan Vaksin secara Cuma-Cuma,”

“Bahkan kalu ada Pet Shop di kota kotamobagu kami akan himbau juga terkait Vaksin, hewan-hewan yang akan dijual agar masyarakat yang membeli aman memeliharanya,” ”tutupnya (DRW)

Komentar Facebook

Komentar

Berita Terkait

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *