TGR Boltim Masih Berada Di Angka 2,7 Miliar

TGR Boltim Masih Berada Di Angka 2,7 Miliar

Tutuyan, SuaraBMR – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Boltim masih mengantongi Rp2,7 miliar Tuntutan Ganti Rugi (TGR).

Berdasarkan  hasil tindak lanjut rekomendasi Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) sejak 2009 hingga 2014 untuk ganti rugi mencapai Rp7.046.660.438 terdiri atas TGR kepada PNS dalam daerah Rp 2,5 miliar. PNS luar Boltim, pensiun dan wafat Rp899,7 juta. Anggota dewan Rp237 juta, pihak ketiga sebesar Rp3,2 miliar dan TGR terhadap satuan kerja karena aset hilang Rp109,3 juta.

“PNS dalam Boltim tersisa 192 juta rupiah, PNS yang wafat, pensiun dan luar Boltim belum disetor  749 juta juta, anggota dewan tersisa 25,8 juta rupiah,  TGR untuk pihak ketiga 1,6 miliar rupiah dan untuk SKPD tersisa 102,6 juta rupiah. Sisanya  belum disetor sebesar  2,7 miliar rupiah” kata Kepala Inspektoran Boltim Meike Mamahit.

Meike mengatakan, semua upaya telah dilakukan agar para penunggak segera mengembalikan uang negara tersebut. Majelis Pertimbangan TGR (MPTGR) pun sudah berkali-kali menggelar sidang. “Kita sudah beberapa kali beri kesempatan dengan perpanjang deadline,” ungkapnya.

Sesuai aturan, penunggak hanya diberi waktu selama 60 hari sejak LHP diterima pemda. Namun aturan BPK memberikan tambahan waktu 5 kali 30 untuk melunasinya. “Ini yang dipersoalkan oleh Kejaksaan karena tetap diberi waktu. Makanya Sekda hanya akan memberi waktu hingga 30 Maret. Setelah itu, berkasanya diserahkan ke APK (Aparat Penegak Hukum),” ungkapnya.

Dia berharap, para penunggak terutama PNS Boltim segera melunasi. Sebelum temuan ini masuk ke ranah hukum. “Kalau sudah masuk ke ranah hukum akan makin sulit, lebih baik lunasi sekarang. Untuk PNS akan dipotong TKD Februari,” terangnya.

Apalagi BPK terus meninjau hasil tindak lanjut LHP setiap tiga bulan. “Dulu kita peringkat satu dalam tindaklanjut temuan BPK, sekarang turun diurutan ketiga,” ungkapnya. (Sis)

Komentar Facebook

Komentar

Berita Terkait

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *