Pencairan Dandes di Persingkat

Pencairan Dandes di Persingkat

Kec. Lolak, Mayoritas Desa Belum Tuntaskan RKPDes dan APBDes 2016

SuaraBMR.com, Bolmong – Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal tahun 2016 ini mengubah pola pencairan Dana Desa dari tiga tahap menjadi dua tahap guna mempercepat proses pembangunan di tingkat Desa.

“Tahap pertama 60 persen dan tahap kedua 40 persen,” kata Direktur Jenderal Pembangunan Kawasan Pedesaan, Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertingga Johozua M Yoltuwu, Selasa (08/03/2016) kemarin.

Dengan perubahan pola pencairan itu, proses penyerapan anggaran lebih cepat sehingga pelaksanaan pembangunan desa juga akan lebih maksimal, dan Peningkatan anggaran dana desa ini dimaksudkan agar pembangunan di tingkat desa semakin cepat,” katanya.

Sementara itu dari pantauan media ini Selasa,(08/03/2016) khusus di Kecamatan Lolak, dari jumlah 26 Desa penerima dana desa, mayoritas Desa belum melengkapi beberapa dokumen penunjang pencairan dan tersebut. Contohnya bagi Desa yang baru memiliki Sangadi definitif harus mempersiapkan dokumen hasil review RPJMDes, dokumen RKPDes dan persiapan APBDes 2016 sebagai dasar pencairan Dandes 2016 ini.

” kami menghimbau kepada seluruh sangadi se kecamatan lolak untuk lebih maksimal untuk mempersiapkan dokumen-dokumen tersebut, apalagi tahapan pencairan term pertama 60% dalam waktu dekat ini, jadi kami meminta Sangadi untuk segera menyiapkan dokumen tersebut”, Jelas Hendra Abd.Rahim ,ST pendamping Desa Kecamatan Lolak.

Hendra menambahkan, untuk kecamatan Lolak memang sebagian Desa telah menyiapkan dokumen RKPDes, akan tetapi untuk APBDes ini harus secepatnya disiapkan mengingat Perbup Sudah ada, ” Perbup sudah ada yang memuat besaran pagu indikatif Dana Desa, Alokasi Dana Desa dan Siltap, jadi kalau tidak ada aral melintang dipastikan Kamis (10/03/2016) besok aka nada verifikasi dan pengukuran di masing-masing desa sebagai acuan penyusunan Desain dan Rab yang akan dituangkan nanti di dokumen APBDes untuk diperdeskan di tingkat Desa”. Tutup Hendra yang diamini Pendamping Desa yang lain Hj.Yunita Mohune,S.Ag. (uchan)

Komentar Facebook

Komentar

Berita Terkait

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *