Medio Maret Dana Desa Siap Disalurkan

“Perbup Masih Mengantung”

SuaraBMR.com, Bolmong- Semakin dekatnya proses penyaluran Dana Desa untuk tahun ini, membuat sejumlah kepala Desa di Kabupaten Bolaang Mongondow memacu progres untuk persiapan tahapan pekerjaan fisik yang didanai Dandes tahun 2016.

Dari pantauan media ini khusus dikecamatan Lolak, kebanyakan Desa terkesan belum siap, baik persoalan administrasi diantaranya RKPDes dan APBDes, rata-rata Desa belum menyiapkan dokumen tersebut, padahal dari pernyataan Menteri Desa Marwan Jafar, Penyaluran Dana Desa dipastikan pada tanggal 16 Maret mendatang.

Sonny Sengkey, kepala Desa Labuan Uki saat dikonfirmasi mengatakan, saat ini pihaknya masih menunggu petunjuk teknis dari penerintah maupun Pendamping Desa, terkait persoalan kelengkapan administrasi sebagai syarat pencairan dana desa tersebut.

“untuk dokumen RKPDes dan APBDes masih menunggu Perbup sebagai acuan, karena saat ini juga pekerjaan fisik yang akan didanai Dandes belum dilakukan verifikasi dan pengukuran dilapangan,” ujar Sonny.

Ia menambahkan sebagai Sangadi yang baru dirinya masih melakukan penyegaran dan menataan pemerintahab desa, baik pergantian aparat desa, maupun pergeseran jabatan untuk memaksimalkan kerja pada tahun ini, mengingat untuk Desa Labuan Uki sendiri berdasarkan gambaran pagu indikatif untuk tahun ini dana desa hampir 600an juta, tentunya anggaran ini harus digunakan semaksimal mungkin untuk pemerataan pembangunan yang ada di Desa.

Sementara itu, Pendamping Desa Kecamatan Lolak, Hendra Abd.Rahim ST menjelaskan penundaan verifikasi dan pengukuran fisik pekerjaan di Desa dilakukan agar supaya disaat melakukan pengukuran dan verifikasi teman-teman Pendamping terdistribusi dengan baik dengan tujuan hasil yang diharapkan maksimal, sehingga teman-teman Pendamping harus terlebih dahulu diberi pemahaman terkait verifikasi fisik pekerjaan,Timpal Hendra.(uchan)

Komentar Facebook

Komentar

Berita Terkait

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *