Dekatkan Pelayanan, Discapilduk Bolmong Diapreseasi Warga Dumoga Raya

Dekatkan Pelayanan, Discapilduk Bolmong Diapreseasi Warga Dumoga Raya

SuaraBMR.com, Bolmong – Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Discapilduk) Kabupaten Bolaang Mongondow, Sukses melaksanakan kegiatan Penyerahakan Akta pencatata sipil secara massal di Desa Mogoyunggun Kecamatan Dumoga Timur Selasa,(08/03/2016).

Kegiatan yang awalnya rencananya dibuka langsung Bupati Bolmong Salihi Mokodongan ini, menyita perhatian masayarakat di Kecamatan itu, sedikitnya ada ratusan pasanga suami-istri menyaksikan kegembiraan dimoment penting dan bersejarah ini. Kemeriahanpun menambah semangat peserta pencatatan missal ini tak kalah Kepala Dinas Kadiscapilduk Bolmong, Drs.Iswan Gonibala menyerahkan Akta pencatatan secara simbolis kepada salah satu pasangan didepan seluruh undangan yang ada.

Dalam sambutannya Kadiscapilduk, Drs.Iswan Gonibala mengucapan rasa terima kasih yang sedalam-dalamnya atas respon dan antusias warga Dumoga Timur yang turut partisipasi dan terlibat langsung dalam kegiatan ini, kepada pemerintah Kecamatan Dumoga Timur dan Kapolsek, Danramil dan seluruh skateholder yang ada terutama kepada bapak/ibu peserta pencatatan missal dan pemerintah Desa Mogoyunggun.

“Sering sekali orang tua tidak bisa membuat Akta Lahir karena tidak bisa menunjukkan Akta Nikah. Jumlahnya ribuan, terutama di Bolmong pantura dan wilayah Dumoga,” ujar Iswan. Menurutnya, masih banyak keluarga yang mengira tidak perlu membuat Akta Nikah karena merasa cukup dengan memiliki Surat Pemberkatan Pernikahan dari gereja.

“Memang mereka sudah sah sebagai suami isteri. Namun, tetap perlu dicatatkan di Dinas Catatan Sipil,” tuturnya. Karena itu, momen seperti ini Discapilduk Bolmong menargetkan pembuatan Akta Nikah untuk tahun 2016 hingga 2017 nanti pasangan yang menikah di Bolmong harus mengantongi akta Nikah. Iswan mengatakan, hal ini sudah sesuai aturan dan sesuai dengan Perbup”.Jelas Iswan.

Sementara itu, Kepala Bidang Pencatatan Farida Mooduto,S.Pd mewakili keluarga besar Discapilduk Bolmong, menyampaikan terima kasih kepada Forum Pimpinan Kecamatan dalam hal ini Camat, Kapolsek, dan Danramil Dumoga Timur, yang telah membantu dan memberikan support terus menerus sehingga kegiatan pencatatan berjalan dengan lancar dan sukses.

Salah satu pasangan suami istri kepada wartawan mengatakan, sangat bersyukur dengan apa yang sudah dilakukan oleh Pemerintah daerah dalam hal ini Discapiduk, ” kami sangat senang dan bahagia karena bisa mendapatkan akta nikah dan pencatatan massal, apalagi gratis”, kata mereka yang meminta namanya jangan dipublikasi.(uchan)

Komentar Facebook

Komentar

Berita Terkait

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *