Pekerja Asing “Ilegal” Marak Di Bolmong

Pekerja Asing “Ilegal” Marak Di Bolmong

Menakertrans di Minta Sidak PT.Chonc

SuaraBMR.com, Bolmong – Ditengah gelombang PHK besar-besaran di Tanah air akhir-akhir ini, disinyalir pekerja asing illegal dari China malah makin subur di Kabupaten Bolaang Mongondow tepatnya di PT. Chonc Indocement, dan mendatangkan protes keras dari masyarakat lokal.

Pemerintah dalam hal ini Dinas terkait seakan bermain mata dengan pihak perusahaan. Padahal terkait teknis dan SDM pekerjaan yang dilakukan tenaga kerja yang didatangkan dari china ini tergolong bisa dikerjakan buru Indonesia karena sebagai buruh kasar bangunan.

Demikian dikatakan Fanny Kinontoa, S.Sos pemerhati tenaga kerja dan buru, kepada SuaraBMR.Com, Kamis (04/02/2016), ” Seharusnya sebagai pengambil kebijakan dalam hal ini pemerintah daerah harus tau malu dan tahu diri terkait adanya tenaga kerja illegal asing di PT. Chonc, apalagi Dinas terkait terkesan cuek dan mengatakan tidak ada TKA illegal di perusahaan tersebut”, Tegas Fanny.

Ditempat terpisah Julkifli Talibo menambahkan, rahasia perusahaan sudah mulai terbongkar dengan menyembunyikan beberapa karyawannya saat Dinas emigrasi kotamobagu melakukan sidak baru-baru ini, apalagi ditemukan ada salah satu juru bicara pihak perusahaan menyuruh para pekerja illegal ini untuk bersembunyi, karena ada sidak dari piak Imigrasi”, jelas Jul.

Jul yang juga Sekretaris LSM Penjara Bolmong, mengatakan akan menyurat langsung kepada pihak Imigrasi Provinsi Sulut dan jika tidak diindahkan, maka pihaknya akan langsung melaporkan hal ini kepada Menteri Tenaga Kerja dan transmigrasi (Menakertrans) Hanif Dakiri, untuk melakukan sidak di PT. CHONC Indocement. (uchan)

Komentar Facebook

Komentar

Berita Terkait

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *