Sekilas Tentang Teknologi 4G LTE

Sekilas Tentang Teknologi 4G LTE

SuaraBMR.com Teknlogi 4G Long Term Evolution atau biasa di kenal dengan sebutan 4G LTE adalah teknologi jaringan internet super cepat generasi ke-empat berbasis Internet Protocol (IP) yang membuat proses transfer data jadi lebih cepat dan stabil, 4G LTE merupakan pengembangan dari teknologi yang sebelumnya sudah ada yaitu 3G dan 2G. sitem teknologi 4G menyediakan jaringan pita ultra lebar untuk berbagai perlengkapan elektronik seperti laptop, tablet dan smartphone yang memungkinkan untuk pengalaman mengakses internet dengan sangat cepat, yang mampu menyentuh 3 kali kecepatan upload atau download dari teknologi 3G yang sebelumnya telah ada.

Teknologi 4G LTE dari swedia yang mulai dikembangkan dari tahun 2009 ini merupakan salah satu teknologi 4G yang di tetapkan menjadi standard teknologi 4G di dunia, LTE mempunyai saingan lain yang juga di rekomendasikan di dunia, yaitu teknologi 4G ViMAX dari korea selatan yang bahkan telah mulai di kembangkan sejak tahun 2006. Sistem 4G ini menyediakan solusi IP yang komprehensif dimana suara, data dan arus multimedia dapat sampai ke tangan pengguna kapan saja dan dimana saja, pada rata-rata data lebih tinggi dari generasi sebelumnya.

Teknologi 4G adalah merupakan sistem berbasis IP terintegrasi penuh. Ini akan dicapai setelah teknologi kabel dan nirkabel dapat dikonversikan dan mampu menghasilkan kecepatan hingga 100Mb/detik dan 1Gb/detik baik dalam maupun luar ruang dengan kualitas premium dan keamanan yang tinggi dengan harga yang sangat terjangkau tentunya.

Jaringan Internet super cepat 4G LTE bisa memudahkan para pengguna dalam mengakses beragam aktivitas online secara lebih mudah dan efisien, seperti bermain game online berkualitas tinggi akan semakin lancar dan stabil, download file dan video HD akan lebih cepat, steaming banyak video sekaligus tanpa terputus, download dan upload akan semakin cepat dan masih banyak keutungan lain nya dari teknolgi 4G LTE ini.

selain berbagai kemudahan dan kelebihan yang di berikan oleh teknologi 4G LTE ini, Teknologi ini juga masih mempunyai kelemahan atau kekurangan Kekurangan yang dimiliki oleh teknologi LTE antara lain adalah biaya untuk infrastruktur jaringan baru relatif lebih mahal. Selain itu jika jaringan harus melakukan pembaharuan maka peralatan baru harus diinstal. Selain itu teknologi LTE menggunakan MIMO (Multiple Input Multiple Output), teknologi yang memerlukan antena tambahan pada pancaran pangakalan jaringan untuk transmisi data. Sebagai akibatnya jika terjadi pembaharuan jaringan maka pengguna perlu memebeli mobile device baru guna mengguna infrastruktur jaringan yang baru pula.

Komentar Facebook

Komentar

Berita Terkait

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *