Aksi Demo Warga Pertanyakan Rekomendasi DPRD Bolmong

Aksi Demo Warga Pertanyakan Rekomendasi  DPRD Bolmong

Pertanyakan Surat Rekomendasi, Welty Dituding Pembohong

Bolmong, Suara BMR – Ratusan Warga Masyarakat Kabupaten Bolmong perwakilan 5 Desa yakni diantaranya, Desa Lolak dan Desa Babo’ mendatangi Gedung kantor DPRD di Jalur Paloko Kinalang guna mempertanyakan janji Ketua Dewan Welty Komaling, terkait dengan Rekomendasi kepada Pemerintah Bolmong untuk menghentikan Aktivitas Perusahaan Kelapa Sawit yang beroperasi diwilayah Tanah Hak Guna Usaha (HGU) yang telah ditempati Masyarakat sejak Tahun 2006 dengan lahan Garapan Sawah.

Menurut warga, Ketua DPRD Bolmong telah berjanji dan bersepakat untuk mengirimkan Surat Rekomendasi yang ditujukan kepada Bapak Bupati Hi. Salihi Mokodongan, namun sudah tiga minggu lebih lamanya, Surat tersebut tidak ada kabarnya, bahkan Aktivitas Perusahaan Kelapa Sawit dilokasi lahan persawahan sebesar dua ratus Hektar tersebut, masih saja berlangsung dengan melakukan penanaman.

Melalui Juru Bicaranya, yakni Awaludin Dilapanga, Mato dan Zainal Moduto serta Adri Paputungan didepan Para Wakil Rakyat, mempertanyakan komitmen para Anggota Dewan terlebih Khusus kepada Ketua DPRD Welty Komaling.

Warga sendiri diterima oleh Wakil Ketua DPRD dari Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN) Ir Kamran Muktar Podomi, Hi.Abdul Kadir Mangkat dan Anggota DPRD lainnya Mas’ud Lauma, Moh.Syafrudin Mokoagow, Verawati Pandelaki , Musli Manoppo, dan lainnya.

Menanggapi aspirasi Rakyat tersebut, Kamran Muktar Podomi menjelaskan bahwa apa yang menjadi tuntutan Warga jelas akan diperhatikan, namun yang terpenting adalah masalah ini diselesaikan secara baik baik.

“Kita harus duduk bersama-sama, sebab persoalan ini melibatkan Badan Pertanahan, serta pemerintah yang memiliki otoritas atas kepemilikan lahan tersebut, ini penting agar kita tidak salah dan malah melanggar Regulasi, ” Tegas Kamran

Perdebatan pun berlangsung alot, sebab Warga meminta Rekomendasi DPRD yang sudah dijanjikan sebelumnya harus sudah ada ditangan mereka, hingga disepakati bersama untuk menunggu Ketua DPRD yang sedang perjalanan ke kantor DPRD.

Setelah sempat diskorsing kurang lebih satu jam, maka Hearing pun dilanjutkan setelah Ketua DPRD, dan dari hasil pertemuan tersebut telah disepakati bersama, DPRD Bolmong akan turun ke lokasi sekaligus mempertanyakan Surat Rekomendasi yang sudah disampaikan ke Pihak pemerintah. (jo)

Komentar Facebook

Komentar

Berita Terkait

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *