5 Fakta Penjara Alcatraz ini Membuat Penjahat “Berfikir”

5 Fakta Penjara Alcatraz ini Membuat Penjahat “Berfikir”

Suara BMR – Penjara Alcatraz adalah salah satu penjara paling buruk di dunia. Terletak di tengah laut dan menempati sebuah pulau kecil dengan penjagaan yang sangat ketat. Di masa lalu, Alcatraz digunakan untuk memenjarakan banyak sekali narapidana kelas kakak agar tidak bisa kabur. Bahkan rasio penjaga dengan narapidananya 1:3.

Setelah 29 tahun beroperasi, tepat pada tahun 1963, penjara Alcatraz akhirnya ditutup. Penutupan ini dilakukan karena biaya operasional penjara sangat besar. Di masa lalu, penjara ini dikenal sebagai penjara yang paling susah untuk tembus. Bahkan tak pernah ada yang berhasil keluar hingga muncul sebuah film yang menceritakan kisah perjuangan narapidana dari penjara paling kelam ini.

1. Rumah Para Gengster Kelas Kakap
Alcatraz adalah penjara dengan pengamanan kelas tinggi di masa lalu. Itulah mengapa banyak sekali penjahat kelas kakap yang dimasukkan ke dalam penjara terisolasi ini. Salah satu tahanan paling fenomenal bernama Al Capone yang merupakan seorang gangster dengan banyak sekali kasus kriminal di Amerika.

Rumah Para Gengster Kelas Kakap

Rumah Para Gengster Kelas Kakap

Selain Al Capone juga ada George Kelly yang mendapatkan julukan sebagai Machine Gun. Orang yang telah melakukan banyak sekali kejahatan di Amerika kala itu. Jika saat itu ada penjahat masuk Alcatraz, artinya mereka akan bertemu dengan orang-orang seperti Al Capone yang dikenal mengerikan. Salah-salah bisa langsung menemui ajal.

2. Masuk Artinya Selamanya di Sana dan Tak Bisa Keluar
Penjara Alcatraz memiliki sekitar 300 sel yang setiap ruangan hanya berisi 1 orang. Penjagaannya super ketat. Bahkan tak ada jaminan bisa keluar dengan selamat. Setiap tahun ada sekitar 36 orang mencoba melakukan misi meloloskan diri dari tempat ini. Namun semuanya berakhir dengan mengerikan.

Masuk Artinya Selamanya di Sana dan Tak Bisa Keluar

Masuk Artinya Selamanya di Sana dan Tak Bisa Keluar

Lebih dari 20 pasti tertangkap dan diberi hukuman. Beberapa di antaranya meninggal akibat tembak di tempat dan juga tenggelam di tengah lautan. Dari sebuah data yang ditemukan, banyak juga narapidana yang hilang dan tak ditemukan sama sekali.

3. Banyak Penjahat yang Bunuh Diri
Alcatraz selama 29 tahun beroperasi tidak pernah sekali pun melakukan eksekusi mati secara resmi. Artinya semua penjahat hanya dipenjara saja. Namun dari beberapa fakta yang mencuat, tempat ini sering sekali terjadi pembunuhan. Entah dilakukan oleh sipir penjara atau geng penjara yang mengerikan.

Banyak Penjahat yang Bunuh Diri

Banyak Penjahat yang Bunuh Diri

Suasana yang mencekam di Alcatraz ternyata membuat banyak sekali narapidana tidak tahan. Di antara mereka banyak sekali yang melakukan bunuh diri. Mengakhiri hidupnya dengan cepat agar tidak merasakan penderitaan yang lebih banyak lagi. Alcatraz itu ibarat Penjara Azkaban pada serial novel dan film Harry Potter.

4. Memiliki Ruang Bawah Tanah yang Penuh Misteri
Penjara Alcatraz memiliki 4 blok yang berbeda. Blok B dan C biasanya digunakan untuk memenjarakan narapidana yang “anteng”. Sedangkan Blok A dan D digunakan untuk memenjarakan narapidana yang selalu memberontak dan banyak sekali membuat masalah di dalam penjara.

Memiliki Ruang Bawah Tanah yang Penuh Misteri

Memiliki Ruang Bawah Tanah yang Penuh Misteri

Di bawah blok A terdapat sebuah ruangan luas dan sering disebut dengan Spanish Dungeon. Tempat ini jarang sekali dipakai karena gelap dan sangat pengap. Beberapa narapidana percaya jika tempat ini digunakan untuk eksekusi mati narapidana dan jenazah langsung dibuang di laut lepas. Zona ini juga kerap digunakan untuk kabur meski akhirnya banyak yang tertangkap.

5. Penjara Paling Angker Hingga Sekarang
Alcatraz dikenal sebagai penjara paling angker di dunia. Letaknya di tengah laut membuat jarang sekali dikunjungi orang. Terlebih saat masih beroperasi banyak sekali kasus pembunuhan dan juga bunuh diri. Saat penjara masih beroperasi pun banyak narapidana yang dihantui oleh kengerian dari orang yang telah tiada dengan cara mengerikan.

Penjara Paling Angker Hingga Sekarang

Penjara Paling Angker Hingga Sekarang

Saat ini penjara Alcatraz dibiarkan begitu saja. Penduduk sekitar menjadikannya sebagai sebuah monumen kekejaman masa lalu. Setiap hari banyak sekali orang datang untuk menyaksikan Alcatraz dari sebuah teropong. Jika pengunjung sedang beruntung maka ia akan melihat beberapa penampakan yang mengerikan di sini. (Vcoid)

Komentar Facebook

Komentar

Berita Terkait

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *