Panwaslu Jangan Jadi Macan Ompong

Panwaslu Jangan Jadi Macan Ompong

Focus Group Discussion (FGD) Panwaslu Dan KNPI Bersepakat Awasi Pilgub Bersama-sama

 

SuaraBMR.com, Kotamobagu – Untuk ke sekian kalinya Panwaslu Kota Kotamobagu menggelar Focus Group Discussion di Ruang Sekretariat, Jalan Siliwangi Kelurahan kotabangon Kecamatan Kota Timur Sabtu (31/10/2015) dengan Tema, Peran Panwas Bersama Pemuda KNPI Kota Kotamobagu Dalam Pengawasan Kampanye Pemilihan Gubernur Dan Wakil Gubernur Provinsi Sulut.

Focus Group Discussion (FGD) dibuka oleh Adrian Herdi Dayow Devisi Bidang Penindakan Pelanggaran Pemilu sekaligus Mewakili Ketua Panwas Musly Mokoginta,SH.MH. juga dihadiri oleh Pimpinan Komisioner Devisi Bidang Organisasi dan Sumber Daya Manusia (SDM) Asram Abdjul,SE. Dan Ketua Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kotamobagu yakni Moh.Fahri Damopolii sebagai salah satu Nara Sumber mewakili Organisasi Kepemudaan.

Diskusi sendiri berlangsung Alot terkait dengan Kritik dan Saran oleh peserta yang terdiri dari Pimpinan-pimpinan Organisasi Kepemudaan (OKP) Perwakilan Pemuda Desa Kelurahan serta Kalangan Media Cetak dan Elekronik (online)

“Kami Meminta Kepada Panwaslu agar Benar-benar melaksanakan tugasnya yakni menjalankan Perintah Aturan baik undang-undang, PKPU dan Perbawaslu. Jangan sampai aturan yang tertera Begitu sangar tapi pelaksananya malah tidak lebih hanya macan ompong saja.” Ujar Samsuri Mamonto salah satu Peserta Diskusi.

Senada dengan Samsuri, Ketua KNPI Kotamobagu Fahri Damopolii, mengharapkan Ketegasan Panwas dalam menindak setiap adanya dugaan pelanggaran.

“Kami dari Pemuda sangat mendukung Panwaslu dalam pengawasan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, siap Bersama-sama mengawasi agar Pilgub berlangsung tertib,Aman,Damai demi Demokrasi yang Cerdas, Tuntas serta berkualitas. Untuk dapat mencapai itu semua tentu Panwaslu harus tetap berdiri pada Aturan, dan Khusus Pemuda siap membantu sepenuhnya, sebab ini adalah bagian tanggung jawab kita bersama.” Jelas Fahri

Menanggapi itu semua, pihak Panwaslu dalam hal ini, Devisi Penindakan Pelanggaran Herdy Dayow mengucapkan banyak terima kasih atas kritikan, Saran serta masukan.

“Sebagai bentuk keseriusan kami, sudah ada beberapa pelanggaran yang kami tindaki dengan melakukan pemanggilan sesuai aturan guna dimintai Klarifikasi, bahkan sudah direkomendasikan.” Ujar Dayow

Pernyataan Herdi Dayow dibenarkan oleh Devisi Organisasi dan SDM Asram Abdjul, Menurutnya Pihak Panwaslu tidak Main-main dengan Aturan.

“Pihak Panwas Kotamobagu sangat simple untuk menerapkan Undang-undang, sebab aturannya sudah sangat jelas. Kami tidak pilih kasih dan tidak mau tahu siapa pun dia. Jika terbukti melanggar maka akan ditindak dengan tegas, dengan catatan silakan laporkan ke Panwas, dan tidak boleh lewat dari 7 hari, sebab jika lewat dari itu, maka sudah ekspayer (Kadarluasa).” Tegas Asram

Sementara dari hasil diskusi tersebut, KNPI Kotamobagu bersama Panwaslu bersepakat membuat Rekomendasi untuk bekerja sama dalam pengawasan Pilgub 2015 Hingga pada Proses Pemilihan dan Paska Pemilihan nanti. (jo)

Komentar Facebook

Komentar

Berita Terkait

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *