Karel: Pemkab dan Jajarannya lebih tanggapi dalam dinamika sosial di masyarakat

Karel: Pemkab dan Jajarannya lebih tanggapi dalam dinamika sosial di masyarakat

Boroko, SuaraBMR.com – Ketua DPRD Kabupaten Bolmong Utara (Bolmut) Karel Bangko SH, meminta kepada Pemkab dan jajaran SKPD untuk lebih tanggap dengan perkembangan dinamika sosial pembangunan yang muncul ditengah-tengah masyarakat.

Menurut dia, sebagai daerah yang sedang membangun, konflik dinamika sosial akan menjadi salah satu bagian yang tak terpisahkan sebagai dampak akumulasi reaksi masyarakat dalam menyikapi percepatan program pembangunan. Tentunya harus disikapi secara objektif dengan tidak memunculkan konflik yang lebih tajam.

“Kita (DPRD,red) minta pemerintah dan jajaran SKPD untuk lebih tanggap dengan dinamika social yang terjadi ditengah-tengah masyarakat. Jadikan masyarakat sebagai subjek pembangunan. Sikapi dinamika secara cerdas dan jangan membangun konflik dengan masyarakat,” ujarnya.

Untuk itu, kata dia, tanggalkan sikap ego sektoral dan serap aspirasi masyarakat dengan membangun system kerja yang lebih baik, akuntabel dan transparan. Dengan demikian, proses pembangunan akan semakin terwujud lagi.

Diakuinya, saat ini Bolmut memang sedang giat-giatnya membangun diberbagai sector. Dengan mengoptimalkan kekuatan dana APBD dan berbagai program shering budget anggaran baik dari APBD Propinsi maupun APBN, untuk menggesa percepatan pemerataan pembangunan infrastruktur diberbagai pelosok pedesaan.

Meskipun demikian, upaya ini tentunya sangat terbatas mengingat kecilnya kemampuan anggaran yang tersedia. Konsekuensinya, program pembangunan harus dilakukan secara bertahap melalui proses yang panjang. “Konsep skala prioritas tetap menjadi acuan dalam menggerakkan roda pembangunan. Untuk itu, semua pihak diharapkan bisa menyikapinya secara cerdas. DPRD dan Pemkab tetap konsen untuk terus menggesa percepatan pembangunan infratsruktur sesuai dengan keiniginan masyarakat,” jelas Ketua DPD II Partai Golkar Bolmut itu. (Rndy)

Komentar Facebook

Komentar

Berita Terkait

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *