Antisipasi penyimpangan anggaran, Dekab minta transparansi

Antisipasi penyimpangan anggaran, Dekab minta transparansi

Boroko, SuaraBMR.com -Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bolmong Utara (Bolmut) bakal menggagas pembentukan Peraturan Daerah (Perda) transparansi yang selama belum pernah ada di daerah setempat.

Hal tersebut dikatakan oleh oleh Ketua Badan Legislasi Daerah (Baleg) DPRD Bolmut Abdul Eba Nani. Menurut dia, pemerintahan akan berjalan dengan baik jika seluruh lapisan masyarakat bisa mengakses segala bentuk informasi tentang perencanaan program kegiatan, dan yang lebih penting lagi masalah penggunaan anggaran pada program yang telah direncanakan maupun yang sedang dilaksanakan.

“Perda ini akan meminimalisir penyimpangan penggunaan keuangan daerah oleh pihak manapun, karena masayarakat umum sudah mengetahui besaran anggaran yang digunakan pada setiap program yang ada,” ujarnya kemarin.

Dia memaparkan, dalam mengimlementasikan Perda yang bakal terbentuk ini, secara teknis setiap Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) diwajibkan memasang poster maupun baliho yang termuat didalamnaya besaran anggaran proyek yang terperinci sebagaimana Rancangan Anggaran Biaya (RAB) pada masing-masing proyek di SKPD itu.

“Dengan pemasangan poster atau baliho, masyarakat akan tahu rinciananggaran setiapproyek yang menggunakan anggaran pemerintah, selain itu juga bisa di publikasikan lewat media yang ada,”jelasnya. (Rndy)

Komentar Facebook

Komentar

Berita Terkait

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *