Herson; Pimpin Rapat Evaluasi Kepemimpinan

Herson; Pimpin Rapat Evaluasi Kepemimpinan

Bol-sel SuaraBMR–Bupati Bolmong Selatan Hi. Herson Mayulu S.IP, memimpin Rapat Evaluasi lima tahun kepemimpinan, rapat yg digelar di aula kantor Bupati panango tersebut, dihadiri oleh, Sekda Bolsel, Asisten, I-II dan III, staf ahli, SKPD serta camat se Kabupaten bolsel,

Rapat yg dimulai pada pukul 10 :00 wita ini, diawali dengan laporan sekda terkait dengan Program kegiatan dan hasil capaian, disampaikanya bahwa, berdasarkan hasil evaluasi dari  Tim ahli Pemerintah Pusat yang Independen telah melaksanakan evaluasi atas rencana pembangunan daerah Pemerintah Bolsel Tahun 2010-2014,

Dan dari hasil evaluasi Tim Independen yang diketuai oleh Dr. Merleni Sirait bahwa,  Bolsel berada pada penilaian sangat Berhasil, “dari hasil  evaluasi Tim Independen, bolsel termasuk  pada penilaian sangat Berhasil. Evaluasi ini juga,  mencakup pencapaian visi Bolsel 2010-2015 berdasarkan aspek penyelenggaraan pemerintahan” ucapnya dihadapan Bupati Bolsel, sembari meminta agar Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Mohamad Anwar agar  menyampaikan lebih rinci atas Evaluasi yang dilakukan oleh Tim Ahli Independent tersebut.

Dihadapan Bupati, Anwar menyampaikan, ada tiga  yang menjadi indikator penilaian oleh tim  yakni aspek Kesejahteraan masyarakat, aspek Pelayanan Umum dan Aspek daya saing Daerah. “Aspek kesejahteraan masyarakat yg di evaluasi tiga hal dengan pemberian nilai, dari kesejahteraan dan pemerataan ekonomi,  bolsel sudah mencapai 96,7%. Kemudian dari segi  kesejahteraan sosial (pendidikan/kesehatan) mencapai 71,46%, sedangkan fokus seni, agama dan budaya mencapai 100%, Untuk Aspek Pelayanan umum, yakni  ruang lingkup  urusan Umum penilaianya mencapai 81,88%, sementara urusan pilihan penilaian mencapai 94%. Dan untuk Aspek  Daya saing Daerah oleh tim evaluasi memberi nilai 95,48%. sehingga dari keseluruhan tiga aspek tersebut Bolsel dinilai rata-rata peneyelenggaraan pemerintahan mencapai 90,93% dengan kategori penilian sangat berhasil.” Disampaikanya pada Bupati.

Di ketahui standar pemberian penilaian oleh tim terbagi atas empat kategori yakni,  0-55% kurang berhasil,  55-70% cukup berhasil,  70-85% berhasil, 85-100 sangat berhasil. Dari ketiga aspek yg dievaluasi, nilai tersebut bertujuan untuk menilai kinerja Penyelenggraan pemerintahan daerah dalam upaya peningkatan kinerja.

Sementara Bupati, Hi.herson Mayulu S.IP,saat memberikan arahan dan sambutan menyampaikan apresiasi atas keberhasilan dari jajaran pemerintah Daerah. “Saya berikan apresiasi atas kinerja kalian selama mendampingi saya sebagai bupati. lima tahun berjalan, bukanlah waktu yg cukup untuk membangun daerah yg kita cintai ini, oleh karena itu,  saya tekankan esensi dari kinerja penyelenggaraan pemerintahan daerah adalah capaian atas penyelenggaraan urusan pemerintahan daerah yang di ukur dari masukan, proses, keluaran, hasil ,manfaat  serta dampak.   nah saya harapkan untuk kedepan,semua indikator ini harus benar-benar dipahami dan dilaksnakan oleh setiap skpd.” Himbau Bupati Pilihan Rakyat pertama tersebut.

Untuk itu, lanjutnya,  SKPD harus memilki inprovisasi,inovasi,dan  produktif. Program yg dilaksnakan harus berdaya guna dan berhasil. Bupati julukan H2M ini berharap agar SKPD jangan hanya terjebak pada realisasi program saja, tetapi bagimana indikator tersebut  tercapai. “Hindari program yg menoton,apalagi skpd yang hanya kejar realiasi 100%, yg saya harapkan,bagaimana masukan,proses,keluaran,hasil,manfaat serta dampak Ini, yg perlu di mantapkan, agar semua kegiatan lebih berkualitas dan terukur.” Jelasnya

Mayulu  juga mengigatkan, semua program urusan pemerintahan untuk tetap berpedoman pada RPJMD Kab.Bolsel, karena disitulah yg menjadi tolak ukur apakah visi misinya  selama 5 tahun tercapai atau tidak. “Saya meminta agar semua program pemerintahan tetap berpedoman pada RPJMD kab.bolsel, agar Visi-misi saya selama 5 tahun dapat di lihat apakah tercapai atau tidak” tegasnya.

Untuk itu kedepan harapnya, dalam upaya peningkatan kinerja.  Program harus dilaksnakan berdasarkan asas, spesifikasi,obyektif, berkesinambungan,terukur,dan dapat di pertanggung jawabkan.”Nah 5 tahun ini,saya melihat ada beberapa hal yg perlu di tingkatkan,yaitu pertama koordinasi antar skpd yg berkaitan dalam program. Kemudian Setiap program yang bersipat bantuan kepada kelompok,untuk terus diberikan bimbingan dan evaluasi, agar dapat tercapai sasaran programnya, semua unit kerja mulai dari pimpinan sampai staf untuk terus meingkatkan kinerjanya, Kedepan pejabat bolsel harus lebih memiliki kompetensi, olehnya harus terus belajar. era pemerintahan kedepan nanti, akan semakin ketat persainganya, apalagi degan diberlakunya UU ASN, yg dikedepankan profesional,bukan lagi kedekatan,” tegas mayulu.

Di akhir sambutan, bupati juga menyampaikan,terimah kasih kepada semua pihak yg telah bersama bekerja dalam kepemimpinannya, “secara pribadi dan keluarga serta pemerintah saya berterimah kasih kepada kalian, dan saya juga menyampaikn mohon maaf jika selama pemerintahan berjalan, ada  sikap dan prilaku saya yg keliru kepada  kalian, tetap terus bekerja,semoga apa yg kita kerjakan akan di nilai ibadah dan untuk kemajuan kab.bolsel lebih baik lagi” tutupnya,  (Amin.Laiya)

Komentar Facebook

Komentar

Berita Terkait

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *