KPU Bolsel Gelar Rapat Kordinasi Dan Serahkan Hasil Analisis Ganda dan Syarat Dukungan

KPU Bolsel Gelar Rapat Kordinasi Dan Serahkan Hasil Analisis Ganda dan Syarat Dukungan

Bol-Sel SuaraBMR–Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten bolaang mongondow selatan (Bolsel) melaksanakan Rapat Koordinasi sekaligus Penyerahan Hasil Analisis Dugaan Ganda Dan Syarat Dukungan Kepada PPS Melalui PPK, pada selasa (11/8/2015).

Kegiatan tersebut dilaksanakan di aula kantor KPU bolsel, Ketua KPU mengatakan bahwa, ini suda Sesuai dengan Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) nomor 2 tahun 2015 tentang tahapan pemilihan umum kepala daerah (Pilkada), “saat ini sudah memasuki proses penyampaian hasil analisis dukungan ganda dan syarat dukungan oleh KPU kepada Panitia Pemungutan Suara (PPS) melalui Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK).” Kata kamaru
Lanjutnya, untuk tahapan selanjutnya setelah diserahkan, PPS akan melakukan penelitian administrasi dan verifikasi syarat dukungan calon perseorangan di tingkat desa. “Tahapan tersebut akan dilaksanakan pada besok Rabu (12/8/2015),” jelasnya.

Diketahui, ada tiga pasang bakal calon bupati dan wakil bupati yang mendaftar di KPU Bolsel. Salah satu pasangan Haris Kamaru dan Yusuf (Hakym) mendaftar melalui jalur independen. Sesuai dengan peraturan yang ada, calon perseorangan harus memasukan sepuluh persen dukungan dari jumlah penduduk Bolsel yakni 6.443.

Saat penyerahan jumlah dukungan, pasangan Hakym memasukan 6923 dukungan. Namun saat diverifikasi faktual oleh PPS, jumlah dukungan yang memenuhi syarat hanya 1.731. Saat masa perbaikan berkas, Hakym harus memasukan kembali selisih antara jumlah yang memenuhi syarat dengan sepuluh persen yakni 4.712 dikalikan dua sekitar 9.424 dukungan berupa foto copy Kartu Tanda Penduduk (KTP).

Pada saat berakhirnya tahapan perbaikan Jumat (7/8/2015), Hakym memasukan jumlah dukungan sebanyak 11.899. Hasil dukungan tersebut nantinya akan dilakukan verifikasi oleh PPS. (A.L)

Komentar Facebook

Komentar

Berita Terkait

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *