Masyarakat minta, pemkab seriusi makam jere

Masyarakat minta, pemkab seriusi makam jere

Boroko, suarabmr.com – kondisi kuburan para raja Kaidipang besar yang terbengkalai, rupanya mendapat respon tidak mengenakkan dari para Tokoh Masyarakat dan berbagai pihak di ibu kota kab. Bolmut, pasalnya Mereka menilai, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) memiliki tanggung jawab penuh soal pemeliharaan dan perawatan makam para raja Kaidipang besar (Jere).

Tokoh adat, juga Tokoh masyarakat Kaidipang Christofel Popo Buhang saat dimintai tanggapan mengatakan Pemkab memiliki andil menjaga situs-situs bersejarah di Bolmut. Bukan sekedar menjaga tapi melestarikannya sebagai kekayaan sejarah budaya Bolmut. “  bukan serta-merta melakukan pembiaran terhadap situs bersejarah. Cuma satu kata selamatkan jere dari dalih dan cara apapun,” ungkap Buhang

Ditempat terpisah, Wakil Ketua dua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Bolmut Salim bin Abdullah menyayangkan kondisi makam para leluhur dibiarkan tanpa perawatan. Menurutnya pemkab bolmut perlu menanganinya secara serius sebab, Jere merupakan situs bersejarah lahirnya Kaidipang.

“Jangan pernah kita melupakan sejarah. Tidak terawatnya Jere merupakan bukti bahwa kita lupa akan sejarah. Dan ini perlu diingatkan kembali, Pemerintah dan rakyat memiliki andil, menjaga, melestarikan dan merawatnya, “tutup abdullah. (Rndy)

Komentar Facebook

Komentar

Berita Terkait

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *