DPRD ‘Tarik’ Perda Bumdes dan Pemilihan Sangadi

DPRD ‘Tarik’ Perda Bumdes dan Pemilihan Sangadi

Boltim, SuaraBMR.com – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim) pada Jumat (22/5) bakal melakukan penarikan rancangan peraturan daerah (Ranperda) tentang Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) dan pedoman pengelolaan keuangan desa serta pedoman pemilihan sangadi (Kepala desa,red) yang kesemuanya itu masuk dalam perubahan pertama atas peraturan daerah (Perda) nomor 9 tahun 2013 dan perubahan Perda nomor 5 tahun 2011.

Hal ini pun diungkapkan Sekertaris dewan (Sekwan) Boltim, Husain Mamonto, Kamis (21/5) kepada sejumlah media, bahwa jum’at akan ada agenda paripurna. “Ada dua agenda paripurna selain Ranperda Bumdes dan Sangadi juga ada penetapan dua Perda tentang organisasi dan tata kerja dari beberapa satuan kerja (Satker) seperti, Inspektorat, Bappeda serta lembaga SKPD teknis lainnya,” terang Husain.

Menurutnya dalam paripurna itu juga nantinya juga akan penetapan tentang retribusi jasa umum yang nantinya akan ada penandatanganan keputusan dari pihak eksekutif melalui Bupati Boltim Sehan Landjar dan legislatif melalui Ketua DPRD Boltim, Sam Sahrul Mamonto.

“Sekaligus juga dengan penandatanganan dokumen persetujuannya. Tiga Ranperda itu ditarik karena sesuai dengan konsultasi dengan pihak provinsi dan semua peraturan tentang desa akan diakomodir menjadi satu ranperda saja mengingat untuk efisien dan efektiv tugas pemerintah desa (Pemdes),”tandas Sekwan.

Diketahui secara teknis penjabarannya diatur dalam Peraturan bupati (Perbup)dan diatur dalam Permendagri Nomor 1 tahun 2014 tentang pembentukan produk hukum daerah pasal 40 ayat 1. (Mrh/One)

Komentar Facebook

Komentar

Berita Terkait

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *