BUPATI HADIRI UPACARA ADAT TULUDE

Bolmong, Suara BMR – Kabupaten Bolaang Mongondow secara umum memiliki keragaman adat dan budaya daerah dari berbagai etnis dan suku. Salah satunya adalah upacara adat tulude dari masyarakat nusa utara yang
digelar setiap awal pergantian tahun. Tulude dilaksanakan sebagaiucapan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas limpahan berkah selama setahun lalu. Warga masyarakat Desa Baturapa II ,kecamatan Lolak menggelar upacara adat Tulude pada Kamis (05/02).

Prosesi upacara adat Tulude berlangsung melalui beberapa tahapan dengan puncaknya yakni pemotongan kue Tamo yang kemudian dibagikan kepada para undangan.‘’Kebudayaan suatu daerah merupakan kekayaan dan potensi yang harus dikembangkan dan lestarikan, agar warisan budaya leluhur menjadi kebanggaan dan daya tarik tersendiri, baik di tingkat daerah, regional, nasional, bahkan tingkat internasional” kata Bupati Bolaang Mongondow Hi. Salihi Mokodongan dalam sambutanya Sementara itu Wakil Gubernur Sulawesi Utara Djouhari Kansil, dalam sambutannya mengatakan  sangat apresiatif atas kepedulian bupati terhadap warga Bolmong asal/keturunan Nusa Utara terhadap pelestarian budaya Tulude “Karena adat Tulude ada ritual religius dalam suatu kebersamaan bersyukur kepada Tuhan” kata Kansil.

Dalam kesempatan ini Wagub bersama Bupati sekaligus juga melakukanpeletakan batu pertama pembangunan gedung serbaguna di Desa Baturapa II kecamatan Lolak.  Seluruh rangkaian acara ditutup dengan Masamper
yang diikuti oleh seluruh undangan dan warga masyarakat. Hadir dalam acara ini Wagub Sulut DR Djouhari Kansil, Bupati Hi Salihi Mokodongan, Wakil TP PKK Sulut Ny Kansil Tatengkeng, beberapa Kadis Provinsi  Sulut, anggota DPRD Bolmong Ezra Panese, Assisten Kepala SKPD Bolmong,Tripika Lolak, Sangadi, Tokoh masyarakat, Tokoh agama, serta masyarakat setempat.(wix/agung)

Komentar Facebook

Komentar

Berita Terkait

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *